17 Oktober 2009

Satu Tahun Menulis Bersama


Satu tahun sudah KOPI Sastra mencoba terus berdiri di ramainya dunia sastra Indonesia. tepat 17 Oktober 2009 adalah ulang tahun pertama KOPI Sastra. Tak banyak memang yang dilakukan KOPI Sastra dalam belantika sastra Indonesia. Namun, terus mencoba serius dalam menggapai mimpi awal pendiriannya.

Di depan pintu gerbang gedung FKIP Universitas Pakuan Bogor tepat 17 Oktober 2008, lima mahasiswanya berkomitmen untuk mendirikan sebuah wadah bagi para penulis dalam bentuk komunitas. Mereka mempunyai misi mengembangkan dan merangsang keterampilan menulis para anggotanya. Dengan kegiatan diskusi dan sharing yang sering dilakukan, mereka saling belajar untuk bisa terus lebih baik dalam menulis karya sastra. Dibuatnya weblog sebgai sarana pempublikasian karya cukup merangsang para anggotanya untuk terus menulis karya sastra yang lebih baik.

Tak bisa dipungkiri, KOPI Sastra memang berkembang melalui media internet. Weblog yang dapat diakses bebas oleh siapa saja membuatnya semakin berkembang. Banyak penikmat karya yang mereka sajikan tertarik untuk bergabung. Kini, para Pohon Kopi--sebutan untuk anggota KOPI Sastra--sudah tersebar di berbagai kota dan provinsi di Indonesia. Tercatat dalam data base Pohon Kopi, banyak anggota KOPI Sastra yang berasala dari Bogor, Jakarta, Bandung, Depok, Cianjur, Makassar, Ujungpandang, Pangkal Pinang, Palembang, Jambi, Aceh, Nusa Tenggara, hingga Irian.

Dalam wawancaranya dengan Jurnal Bogor, Presiden KOPI Sastra menegaskan bahwa KOPI Sastra berdiri karena ingin menjadi pabrik penulis yang berkualitas. Hal yang memang terus diusahakan KOPI Satra dalam membuktikan pernyataan tersebut. Sering dilakukannya diskusi dan sharing sebagai upaya peningkatan kualitas para Pohon Kopi.

Untuk mempermudah komunikasi antar anggota, KOPI Sastra embuat sebuah situs forum khusus para Pohon Kopi. Situs yang dinamakan KOPI Sastra Forum tersebut beralamatkan http://kopisastra.ning.com. Situs yang disediakan tersebut memang cukup efektif dalam komunikasi dan diskusi para Pohon Kopi yang berada di luar Bogor dengan para Pohon Kopi yang berada di Bogor.

Tidak hanya sebuah weblog dan situs forum, KOPI Sastra juga mencoba untuk bisa mempublikasikan karya anggotanya dengan media cetak. Diterbitkanlah Antologi Pohon Kopi 1 pada Februari 2009. Buku sederhana yang dicetak dengan sangat terbatas berisikan karya para Pohon Kopi.

Sebagai komunitas yang memprorioritaskan pempublikasian karya para anggotanya dan berkembang melalui sarana internet, KOPI Sastra pun terus berusaha mengembangkan salah satu jenis sastra modern, yaitu cyber sastra. Hadirnya KOPI Sastra Cyber, Makam Sastra Cetak, hingga situs-situs cyber sastra yang dibuat, tak lain hanya untuk turut meramaikan sastra Indonesia.

Di ulang tahun yang pertama KOPI Sastra kembali mencoba untuk terus berupaya mewarnai sastra Indonesia dengan menerbitkan Antologi Pohon Kopi 2. Bertemakan Hitam Putih Sastra Cyber, Antologi Pohon Kopi 2 diterbitkan secara berkala dalam bentuk dua buku dan satu CD. Dua buku tersebut berudul Hitam dan Putih, serta CD yang berisikan karya cyber sastra.

Antologi Pohon Kopi 2: Hitam diterbitkan tepat pada 17 Oktober 2009. Berisikan delapan belas karya para pohon Kopi, karya mereka dalam buku ini seperti kompak ingin menyatakan bahwa kegelapan tak selamanya menyeramkan. Masih banyak keindahan yang bisa ditemukan dari sisi gelap yang terkadang membutakan. Antologi Pohon Kopi 2: Hitam kembali dicetak secara sangat terbatas dan hanya diedarkan di Bogor.

Bertepatan dengan ulang tahunnya, KOPI Sastra memberikan sesuatu yang sangat istimewa. Antologi Pohon Kopi 1 yang telah diterbitkan secara terbatas, kini dibagikan secara gratis dalam bentuk ebook kepada para sahabat KOPI Sastra. Ebook Antologi Pohon Kopi 1 dapat diunduh di weblog resmi KOPI Sastra yang beralamatkan www.kopisastra.co.cc.

KOPI Sastra masih terus ingin berkembang dan berdiri kokoh di dalam dunia sastra Indonesia. Perekrutan Pohon Kopi masih terus dilakukan. Bagi yang tertarik bergabung dengan KOPI Sastra silakan kunjungi weblog resminya di www.kopisastra.co.cc.



Sanghitam

3 komentar:

Rangga Purnama mengatakan...

sastra, adalah sesuatu yang indah yang hanya diungkakan dalam bentuk tulisan. sip sukseskan kesustraan Indonesia

yans'dalamjeda' mengatakan...

Satu tahun menulis bersama bukan waktu yang singkat. Tapi tetap saja terasa singkat. Kopi sastra, kan kunikmati pertemuan ini.

januar fadillah mengatakan...

pa havid ko ga da nama akang katanya ada jangan bohongin saya pa....

Posting Komentar

Silakan berkomentar tentang kami sesuka anda. Kami terima apapun dari anda termasuk kepahitan kata-kata anda. terima kasih!

Dipersembahkan oleh - Kopi Sastra | eblogtemplates Semua karya sastra dalam blog ini boleh dipublikasikan ulang dengan syarat mencantumkan Nama Pengarang dan Link KOPI Sastra