28 Oktober 2008

Peranan Blog dan Blogger Dalam Meningkatkan Kreatifitas Pemuda

Kemajuan teknologi akhir-akhir ini sagat mendominasi pergaulan generasi muda kita. Dalam hal ini internet dan handphone telah menguasai kehidupan mereka. Contoh yang ingin dikemukakan pada hal ini adalah berkembangnya Weblog atau yang biasa disebut blog di dunia maya (Internet.red). Meskipun banyak hal lain yang terjadi dalam perkembangan di dunia internet, seperti situs-situs jejaring sosial, namu blog cukup memberi manfaat bagi generasi muda Indonesia.

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri. Sedangkan pemiliknya disebut blogger dan kegiatannya disebut blogging.


Hal itu menjelaskan bahwa dengan memiliki sebuah blog, seseorang bisa mengekspresikan pribadinya ke dalam blog. Dengan demikian banyak hal positif yang bisa dimanfaatkan oleh para generasi muda dalam blog. Salah satunya adalah meningkatkan kreatifitas pemuda itu sendiri.

Dalam dunia pendidikan misalnya, seorang siswa SMA dapat membuat sebuah catatan materi yang telah dia terima saat pengajaran dan disimpan dalam blog miliknya. Dia sengaja menyimpan untuk melakukan sharing dengan siswa lain di luar kota atau bahkan di pelosok tanah air ini. Sehingga dengan kreatifitasnya, blog yang dimilikinya dapat bermanfaat bagi orang lain.

Atau dalam kebahasaan, bisa kita lihat banyak blog yang memuat artikel tentang sastra. Karena sifat blog seperti buku harian pemiliknya, maka banyak blogger yang menuliskan cerita-cerita kehidupannya dan bisa menjadi sebuah karya sastra. Sebagai contoh kita mengenal seorang Raditya Dika yang sudah mengeluarkan buku "kegilaannya" yang berasal dari blog pribadinya. Hal ini menjelaskan bahwa blog cukup berperan dalam meningkatkan kreatifitas positif pemuda.

Banyak lagi para blogger yang memiliki kreatifitas yang positif yang cukup dikenal dalam dunia blogging. Seperti blogor, satu-satunya komunitas blogger yang berada di Bogor dan menaungi banyak blogger kreatif.

Bukan hanya itu, para blogger pun cukup berperan penting dalam memotivasi pemuda agar bisa mengeluarkan kreatifitas yang lebih bersifat positif. Sehingga bisa menghidarkan kegiatan-kegiatan yang bersifat negatif.

Blog sangat berguna bagi kemajuan bangsa ini asal disajikan dalam hal yang positif. Karena para blogger pun memang bertujuan untuk menyalurkan kretifitas mereka ke dalam hal yang bersifat poositif. Apa lagi dengan kemajuan teknologi sekarang, blog pun bisa diakses melalui handphone. Sehingga semakin mudah saja para pemuda untuk meningkatkan kretifitasnya.

Jika dilihat dari suksesnya seorang blogger seperti Raditya Dika, maka blog pun bukan hanya berperan sebagai catatan harian seseorang, tetapi juga bisa menjadi sebuah penghasilan material bagi pemiliknya. Dengan satu syarat, isi blog harus kreatif dan bersifat positif. Jadi, marilah kita bloging agar banyak hal positif yang bisa kita manfaatkan.

2 komentar:

shindohjourney mengatakan...

minta izin buat bahan ya..
yhanks..n

Anonim mengatakan...

chatting avatar, dijamin seru...
download di:

http://www.clubcooee.com/signup/b/7d19e4143f96.8f14e4

Posting Komentar

Silakan berkomentar tentang kami sesuka anda. Kami terima apapun dari anda termasuk kepahitan kata-kata anda. terima kasih!

Dipersembahkan oleh - Kopi Sastra | eblogtemplates Semua karya sastra dalam blog ini boleh dipublikasikan ulang dengan syarat mencantumkan Nama Pengarang dan Link KOPI Sastra